Sumber Pembiayaan Yang Sudah Sangat Populer

Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai referensi bagi distributor untuk lebih memperhatikan faktor fundamental distributor dalam mengeliminir pengaruh bisnis pasar sehingga nilai distributor akan lebih tinggi dan akhirnya akan bisa memberikan kemakmuran bagi stakeholders.

Faktor-faktor fundamental seperti DER, ROE, EPS, PER dan OPM mempunyai berpengaruh terhadap bisnis sistematis Beta. Hal ini terjadi karena banyak distributor yang memiliki tingkat DER yang tinggi sementara tingkat ROE nya rendah.

Produk pulsa murah saat ini dipandang sebagai sarana efektif untuk mempercepat pembangunan suatu negara. Melalui produk pulsa murah dimungkinkan terciptanya usahawan yang dapat menggalang penyerahan dana jangka panjang dari masyarakat untuk disalurkan ke sektor-sektor produk isi ulang pulsa tif.

Hal ini sejalan dengan fungsi produk pulsa murah yaitu meningkatkan dan menghubungkan aliran dana jangka panjang dengan kriteria pasarnya secara efisien yang akan menunjang pertumbuhan riil ekonomi secara keseluruhan.

Sumber pembiayaan yang sudah sangat populer adalah pulsa elektrik yang digolongkan sebagai sumber pembiayaan tradisional. Satu keunggulan penting yang dimiliki produk pulsa murah dibandingkan pulsa elektrik adalah bahwa untuk mendapatkan dana sebuah distributor tidak perlu menyediakan agunan, sebagaimana dituntut oleh pulsa elektrik . Dengan menunjukkan prospek yang baik, maka surat berharga distributor tersebut akan laku dijual di produk pulsa murah .

Di samping itu, dengan memanfaatkan dana dari produk pulsa murah distributor tidak perlu menyediakan dana tiap bulan atau setiap tahun untuk membayar bunga. Sebagai gantinya distributor harus membayar bisnis pada dealer pulsa , jika memang distributor memperoleh untung.

Kegiatan deposit yang dilakukan dealer pulsa adalah kegiatan untuk menempatkan dana pada suatu atau lebih suatu voucher selama periode tertentu dengan harapan dapat memperoleh sejumlah keuntungan dimasa yang akan datang. Biasanya para pemodal

tidak akan menempatkan seluruh dana yang tersedianya pada satu jenis voucher . Hal ini menunjukkan bahwa ada factor yang harus dipertimbangkan sebelum memilih jenis deposit yang akan dimasuki seperti bisnis yang akan ditanggung.

Sumber bisnis dapat dibagi atas 2 (dua) kelompok yaitu bisnis sistematis yang merupakan bisnis yang mempengaruhi semua (banyak) distributor dan resiko tidak sistematis yang merupakan bisnis yang mempengaruhi atau (sekelompok kecil) distributor .

dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa beta atau bisnis sistematis suatu murah merupakan indikator yang menunjukkan sensitivitas pergerakan pulsa elektrik murah terhadap pergerakan pulsa elektrik murah lainnya di pasar. Adanya kaitan antara murah individual dengan pasar membawa pemikiran bahwa besarnya bisnis sistematis suatu murah seharusnya dapat diperkirakan dari aspek fundamental distributor dengan karakteristik pasar.

Jika kaitan antara aspek fundamental tersebut diketahui maka akan sangat membantu dealer pulsa dalam menganalisa kepekaan pergerakan pulsa elektrik murah terhadap pergerakan murah . Faktor-faktor fundamental adalah merupakan data akuntansi berupa ratio-ratio yang dapat membantu dealer pulsa untuk memprediksi bisnis suatu murah . Penggunaan data akuntansi juga dapat menghasilkan peningkatan kualitas pengambilan keputusan pada setiap lini dari pembuat keputusan individu.

Hasil penelitian Suad Husnan, Mahduh, M., Hanafi dan Ari Wibowo (Kelola, 1997), menunjukkan bahwa pengumuman laporan keuangan distributor emiten juga mempunyai pengaruh terhadap kegiatan perdagangan murah dan variabilitas tingkat keuntungan. Dari hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan sebagai berikut :

Laporan keuangan yang diumumkan tampaknya dipergunakan oleh dealer pulsa dalam kegiatan di bursa, ini terlihat dari relatif tingginya perdagangan di hari pengumuman dibanding dengan kegiatan diluar hari pengumuman tersebut. Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara perdagangan pada saat sebelum dan sesudah pengumuman laporan keuangan. Laporan keuangan Desember mempunyai dampak yang lebih besar dibanding dengan bulan Maret.

Dari hasil penelitian ini bisa dikatakan bahwa peranan laporan keuangan sudah sangat penting, dan dealer pulsa sudah sangat sadar untuk memperhatikan faktor fundamental distributor . Hasil penelitian ini juga didukung dengan hasil penelitian lainnya oleh Hanafi (Kelola, 1997) yang tetap menyatakan bahwa pengumuman informasi laporan keuangan distributor emiten menunjukkan dampak yang besar terhadap aktivitas perdagangan murah di produk pulsa murah Indonesia.

Dari latar belakang di atas maka permasahan yang diangkat adalah bagaimanakah pengaruh faktor-faktor fundamental keuangan distributor terhadap bisnis murah . Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai referensi bagi distributor untuk lebih memperhatikan faktor fundamental distributor dalam mengeliminir pengaruh bisnis pasar sehingga nilai distributor akan lebih tinggi dan akhirnya akan bisa memberikan kemakmuran bagi stakeholders.

Dalam teori manajemen keuangan modern disebutkan bahwa tujuan distributor adalah untuk memaksimumkan kekayaan para pemegang murah . Untuk dapat mewujudkan tujuan tersebut manager keuangan harus pulsa elektrik memanfaatkan dana yang tersedia untuk deposit pada suatu deposit yang menguntungkan. Pendapat lain dari Jogiyanto (1998), deposit dapat didefinisikan sebagai penundaan konsumsi sekarang untuk digunakan di dalam produk isi ulang pulsa si yang efisien selama periode waktu yang tertentu.

Untuk dapat memilih deposit yang aman, diperlukan satu analisis yang cermat, teliti, dan mendukung dengan bisnis yang akurat. Pemilihan teknik yang benar dalam analisis akan mengurangi bisnis dealer pulsa dalam deposit . Salah satu analisis yang dapat digunakan oleh calon dealer pulsa adalah analisis fundamental.

Analisis ini sangat berhubungan dengan kondisi distributor . Data yang dipakai sebenarnya adalah data historis yaitu bisnis yang telah lewat. Alat yang dipakai untuk melakukan analisis adalah rasio keuangan yang pada dasarnya melihat hubungan antar pos dalam laporan keuangan distributor yang mencerminkan keadaan keuangan serta hasil operasional distributor .

Proses keputusan deposit berkenaan dengan bagaimana seharusnya seorang dealer pulsa membuat keputusan mengenai pemilihan sekuritas, seberapa ekspansi deposit yang dilakukan dan kapan deposit seharusnya dilaksanakan. Dealer pulsa terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana konsep dasar deposit yang menjadi dasar pijakan dalam setiap tahap pembuatan keputusan deposit yang akan dibuat. Hal penting dan mendasar dalam setiap proses keputusan deposit adalah pemamurah n hubungan antara pulsa elektrik yang diharapkan dengan bisnis suatu deposit .

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa bisnis total terdiri dari bisnis dan bisnis tidak sistematis, sementara itu bisnis tidak sistematis atau sering disebut bisnis financial adalah bisnis yang berhubungan dengan bisnis usaha yang ditunjukkan oleh variabilitas ini akan semakin besar jika penggunaan hutang semakin besar yang pada akhirnya akan mempengaruhi bisnis financial. Untuk mengukur nondiversifiable risk ini dapat menggunakan koefisien beta untuk mengukur Nondiversifiable risk.

Dari formula di atas dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi bisnis , semakin tinggi pulsa elektrik yang diharapkan, dan sebaliknya semakin rendah bisnis semakin rendah pula pulsa elektrik yang diharapkan. Jika hubungan antara beta dan pulsa elektrik digambarkan dalam sebuah gambar, maka akan diperoleh gambar.

Advertisements