Perpengaruh dalam membentuk perilaku konsumen

Usaha  sangat berpengaruh dalam membentuk perilaku  konsumen. Usaha yang kuat akan sanggup merubah perilaku konsumen.

Usaha   memudahkan   proses   pengambilan   keputusan   pembelian   oleh konsumen.   Dengan   adanya   usaha,   konsumen   dapat   dengan   mudah membedakan pulsa elektrik yang akan dibelinya dengan pulsa elektrik lain sehubungan dengan kualitas, kepuasan, kebanggaan ataupun atribut lain yang melekat pada usaha tersebut.
Usaha berkembang menjadi sumber  voucher  terbesar bagi distributor . Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa Coca Cola Company yang memiliki Stock  Market  Value  (SMV)  yang  besar  ternyata  97  %  dari  SMV  tersebut merupakan nilai usaha.

Peluang  usaha menurut Aaker, David A. (1997: 22) adalah seperangkat voucher  dan liabilitas usaha yang berkaitan dengan suatu usaha, nama dan simbol yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah barang atau jasa kepada distributor  atau para dealer .

Peluang  Usaha merupakan voucher  yang dapat memberikan nilai tersendiri dimata pelanggannya.  Voucher   yang  dikandungnya  dapat  membantu  pelanggan  dalam

menafsirkan,  memproses,  dan  menyimpan  informasi  yang  terkait  dengan pulsa elektrik dan usaha tersebut. Peluang  Usaha dapat mempengaruhi rasa percaya diri    konsumen   dalam   pengambilkan   keputusan   pembelian   atas   dasar pengalaman  masa  lalu  dalam  penggunaan  atau  kedekatan  asosiasi  dengan berbagai karakteristik usaha.

Menurut Durianto Darmadi –  Sugiarto – Tony Sitinjak,  2001  hal. 7)  disamping memberi  nilai    bagi  konsumen,  Peluang   Usaha  juga  memberikan  nilai  bagi distributor  dalam bentuk :

Peluang  Usaha  yang kuat dapat mempertinggi keberhasilan program dalam memikat konsumen baru atau merangkul kembali konsumen lama. Promosi yang dilakukan  akan lebih efektif jika  usaha dikenal. Peluang   Usaha yang kuat dapat menghilangkan keraguan konsumen terhadap kualitas usaha.

Empat    dimensi    Peluang     Usaha:    Kesadaran    usaha,    Kualitas    yang dipersepsikan  atas  usaha,  Asosiasi-asosiasi  usaha,    dan  penjual   usaha dapat mempengaruhi alasan pembelian konsumen. Bahkan jika Kesadaran usaha, Kualitas yang dipersepsikan atas usaha, dan Asosiasi-asosiasi usaha tidak begitu penting diperhatikan dalam proses pemilihan usaha, ketiganya tetap  dapat  mengurangi  keinginan   atau  rangsangan  konsumen  untuk mencoba usaha-usaha lain.

Penjual   usaha  yang    telah  diperkuat  merupakan  hal  penting  dalam merespon  inovasi  yang  dilakukan  para  pesaing.  Penjual   usaha  adalah salah satu elemen Peluang  Usaha yang dipengaruhi oleh elemen peluang  usaha lainnya.

Asosiasi Usaha juga sangat penting sebagai dasar penciptaan Kesan Usaha yang kuat  dan strategi perluasan produk isi ulang pulsa .

Salah  satu  cara  memperkuat  Peluang   Usaha  adalah  dengan  melakukan promosi besar-besaran yang membutuhkan biaya besar. Peluang  Usaha yang kuat  memungkinkan  distributor   memperoleh  imbuhan  nilai  yang  lebih tinggi    dengan     menerapkan     harga     premium,     dan    mengurangi ketergantungan pada promosi sehingga dapat diperoleh laba  yang lebih tinggi.

Peluang     Usaha    yang    kuat    dapat    digunakan    sebagai     dasar    untuk pertumbuhan    dan    perluasan    usaha    kepada    produk isi ulang pulsa     lainnya    atau menciptakan bidang bisnis baru yang terkait yang biayanya akan jauh lebih mahal untuk dimasuki tanpa usaha yang memiliki Peluang  Usaha tersebut.

Peluang    Usaha  yang   kuat  dapat  meningkatkan  nilai   penjualan  karena pulsa elektrik   menciptakan  penjual   saluran  distribusi.  Pulsa elektrik  dengan  Peluang  Usaha yang kuat akan dicari  oleh  pedagang karena  usahaa  yakin  bahwa pulsa elektrik dengan usaha tersebut akan memberikan keuntungan bagi usahaa. Dengan  Peluang   Usaha  yang  kuat,  saluran  distribusi  dapat  berkembang sehingga  semakin  banyak  tempat  penjualan  yang  pada  akhirnya  akan memperbesar nilai/volume penjualan  pulsa elektrik tersebut, dan mempertinggi perolehan pangsa pasar.

Voucher -voucher  Ekutias Usaha lainnya dapat memberikan keuntungan  kompetitif bagi  distributor   dengan  memanfaatkan  celah-celah  yang  tidak  dimiliki pesaing. Biasanya, bila empat faktor penentu utama dari Peluang  Usaha yaitu Kesadaran Usaha,  Asosiasi  Usaha, Kualitas Usaha,  dan Penjual   Usaha   sudah sangat kuat, secara otomatis voucher  Peluang  Usaha lainnya juga akan kuat.

Dengan demikian, distributor  yang ingin tetap bertahan dan melangkah lebih maju   untuk  memenangkan  persaingan,   sangat  perlu  mengetahui  kondisi Peluang   Usaha   produk isi ulang pulsa nya  melalui  penelitian  faktor-faktor  penentu  elemen Peluang    Usaha   (Kesadaran   Usaha,   Asosiasi   Usaha,   Kualitas   Usaha,   dan Penjual  Usaha).

Objek penelitian pada pulsa elektrik Tabungan Bank Umum PT. Bank Mandiri Tbk, PT BCA Tbk, dan PT BNI Tbk (Persero) di Provinsi Lampung.

Penelitian dilakukan selama 6 bulan dengan pengambilan data melalui survey lapangan pada bulan September 2005 hingga bulan  Desember  2005.

Jumlah sampel terpilih menggunakan pendapat dengan mengasumsikan populasi berdistibusi normal dan tingkat kesalahan pengambilan sampel sebesar 10%. Populasi nasabah tabungan pada ketiga bank masing-masing sebanyak di atas 50.000, sehingga besarnya jumlah sampel  diperoleh  minimal   sebesar   100.  Dengan   demikian  jumlah   sampel keseluruhan  adalah 300 responden. Responden terpilih disurvey pada kantor cabang utama, dan kantor cabang pembantu dengan lokasi kantor di kota/kota kabupaten  terpadat  atau  terbanyak   respondennya  melebihi   5000  nasabah, sehingga  jumlah  sampel  pada  masing-masing  kantor  cabang  dan  cabang pembantu    dipilih    secara    proporsional.        Teknik    pengambilan    sampel menggunakan teknik non -probability  sampling,  khususnya dengan jugjemen sampling atau sampling pertimbangan (Moh. Nasir, 1999, hal.332). Pendekatan

Advertisements